Minggu, 05 April 2015

Guru orang tua kedua

Seorang guru harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan anak didiknya. Seorang guru berperan penting dalam memberikan kenyamanan untuk peserta didik ketika sedang belajar. Itulah tugas seorang guru sebagai orang tua kedua bagi peserta didik.  Cara-cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru agar terjadi hubungan yang baik dengan anak didiknya diantaranya adalah:
a.      Membangun Rasa Kasih sayang
 Seorang guru harus membangun dan menciptakan rasa kasih sayang kepada anak didiknya seperti orangtua kepada anaknya. Seorang guru akan dapat bersikap lembut kepada anak didiknya apabila mempunyai rasa kasih sayang. Peserta didik akan sangat senang dan terkesan jika seorang guru menyampaikan pembelajaran dengan lembut. Dikatakan berhasil jika anak didik merasa nyaman dengan gurunya sebagai orang tua kedua di sekolah.
b.   Memberikan yang terbaik 
 seorang guru pastilah ingin memberikan yang terbaik untuk anak didiknya seperti apa yang ingin dilakukan oleh orangtua kandungnya.
sebagai orangtua yang kedua bagi anak didik ketika berada di sekolah, seorang guru harus senantiasa membangun kesadarannya untuk bisa memberikan yang terbaik kepada anak didiknya. Memberikan yang terbaik kepada anak didik bagi seorang guru sudah tentu dalam hal pendidikan. Dalam hal ini, satu tugas pokok yang terpenting adalah seorang guru bisa mendidik anak didiknya dengan sebuah semangat sebagaimana mendidik anaknya sendiri.
    Bila kita ingin menjadi guru yang berhasil dan dicintai oleh anak didik, sudah tentu sama sekali tidak dibenarkan jika berpendapat, “Yang penting saya telah mengajar dan mendidiknya dengan baik. Persoalan dia bisa atau tidak dalam menangkap materi yang saya berikan, atau besok akan jadi apa, itu sudah bukan urusan saya.” Pendapat yang seperti ini biasanya terlontar dari seorang guru yang tidak bisa menjadi orangtua kedua yang baik bagi anak didiknya. Guru yang demikian tidak bisa memberikan yang terbaik buat anak didiknya.
 . C.Mendampingi dengan senang hati
 seorang guru hendaknya mendampingi anak didiknya dengan senang hati saat kegiatan belajar mengajar. supaya peserta didik merasa nyaman dan dapat menerima materi pelajaran secara optimal.
https://amazzet.wordpress.com/2013/04/06/guru-yang-berperan-sebagai-orangtua-kedua-bagi-murid/ 

1 komentar: